Kamis, 12 Juli 2012

Sambal Ulek Masuk Makanan Terpedas Dunia

Gmhiboo.co - Makanan pedas biasanya rasanya juga enak, meski banyak yang tidak kuat dengan makanan pedas. Berbicara makanan terpedas, maka Indonesia patut bangga, karena Sambal Ulek, salah satu makanan tradisional menjadi salah satu makanan terpedas, menurut lidah orang Barat.

Sambal Ulek, masuk dalam 10 daftar makanan terpedas di dunia, seperti makanan Thailand, India, Kore, China, Amerika, Peru, Karibia dan Ethopia.

Sambal Ulek, bukan makanan, tapi lebih sebagai makanan pendamping. Tapi semua bentuk cabai bisa dipakai, dan termasuk cabai lokal yang ternyata 10 kali lebih pedas daripada Thai Bird's Eye Chili.

Menurut lidah orang Barat, sambal ulek Indonesia ultra pedas. Satu-satunya cara untuk menahan rasa pedasnya, adalah makan makanan lain sebanyak mungkin.

Menyusul sambal ulek, ada Vindaloo (India) yang merupakan saingan terberat. Semua bumbu seperti biji mostar, cabai kering, ketumbar, jahe, semuanya selalu ada dalam makanan ini.

Setelah Vindalo, ada Wot dari Ethiopia. Ethiopia terkenal akan Wot (tumisan). Wot yang paling nikmat seringkali berbumbu satu kilo bawang merah dan bawang putih, beberapa ons jahe, dan barbere (campuran bumbu kering dan cabai kering) yang luar biasa pedas dalam jumlah yang tidak kalah mengerikan.

Menyusul berturut-turut, Jerk Chicken (Karibia) yang merupakan makanan yang terdiri dari berbagai bumbu yang ada adalah bumbu khas daerah Asia dan Afrika, seperti Allspice, cengkeh, kayu manis, daun bawang, pala, thyme dan bawang putih, semuanya menyumbangkan rasa hangat.

Lalu ada Sayap Ayam Suicide (Amerika), Bibimbap dengan Kimchi (Korea), Lobak dengan Lada Sichuan (China), Papa a la Huancaina (Peru), Shrimp Creole (Amerika), Tom Yum (Thailand) dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda. (Berbagai sumber).

1 komentar:

outbound di malang

salam super sahabat,
tetap semangat dan sukses selalu ya
ditunggu kunjungan baliknya :)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Entri Populer

 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger