Sabtu, 23 Oktober 2010

MODEL PEMBELAJRAN COURSE REVIEW HORAY



COURSE REVIEW HORAY

A. Model Pembelajaran Course Review Horay
Model Pembelajaran Course Review Horay merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak’hore!’ atau yel-yel lainnya yang disukai.
Suatu metode pembelajaran dengan pengujian pemahaman menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang paling dulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay.
Pembelajaran Course Review Horay, merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yaitu kegiatan belajar mengajar dengan cara pengelompokkan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil.
Pembelajaran Course Review Horay merupakan suatu pembelajaran pengujian terhadap pemahaman konsep siswa menggunakan kotak yang diisi dengan soal dan diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling terdahulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay atau yel-yel lainnya. Melalui Pembelajaran Course Review Horay diharapkan dapat melatih siswa dalam menyelesaikan masalah dengan pembentukkan kelompok kecil.
Course Review Horay adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk ikut aktif dalam belajar. Metode ini merupakan cara belajar-mengajar yang lebih menekankan pada pemahaman materi yang diajarkan guru dengan menyelesaikan soal-soal. Dalam aplikasinya metode pembelajaran Course Review Horay tidak hanya menginginkan siswa untuk belajar ketrampilan dan isi akademik. Pembelajaran dengan metode Course Review Horay juga melatih siswa untuk mencapai tujuan-tujuan hubungan sosial yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi akademik siswa. Pembelajaran melalui metode ini dicirikan oleh struktur tugas, tujuan, dan penghargaan kooperatif yang melahirkan sikap ketergantungan yang positif di antara sesama siswa, penerimaan terhadap perbedaan individu dan mengembangkan ketrampilan bekerjasama antar kelompok. Kondisi seperti ini akan memberikan kontribusi yang cukup berarti untuk membantu siswa yang kesulitan dalam mempelajari konsep-konsep belajar, pada akhirnya setiap siswa dalam kelas dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Pada pembelajaran Course Review Horay aktifitas belajar lebih banyak berpusat pada siswa. Dalam hal ini pada proses pembelajaran guru hanya bertindak sebagai penyampai informasi, fasilitator dan pembimbing. Suasana belajar dan interaksi yang menyenangkan membuat siswa lebih menikmati pelajaran sehingga siswa tidak mudah bosan untuk belajar.
Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
Informasi kompetensi, sajian materi, tanya jawab untuk pemantapan, siswa atau kelompok menuliskan nomor sembarang dan dimasukkan ke dalam kotak, guru membacakan soal yang nomornya dipilih acak, siswa yang punya nomor sama dengan nomor soal yang dibacakan guru berhak menjawab jika jawaban benar diberi skor dan siswa menyambutnya dengan yel hore atau yang lainnya, pemberian reward, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.
  1. 1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.

  1. 2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi.


  1. 3. Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya jawab.


  1. 4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai   dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa.


  1. 5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan salah diisi tanda silang (x).


  1. 7. Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya.


  1. 8. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.


  1. 9. Kesimpulan.


  1. 10. Penutup.




Kelebihan:


  1. Pembelajarannya menarik mendorong untuk dapat terjun ke dalamnya.


  1. Melatih kerjasama.
Kekurangan:

  1. Siswa aktif dan pasif nilainya disamakan.




  1. Adanya peluang untuk curang.



B. Contoh Materi yang sesuai :
Kelas 6 (Bumi Dan Alam Semesta) dan (Ciri Khusus Makhluk Hidup Dan Lingkungan Hidupnya)
Tata Surya
Tata surya adalah suatu tatanan atau sistem yang terdiri atas matahari dan benda-benda langit yang mengitarinya. Benda-benda langit yang mengitari matahari antara lain : planet, asteroid, meteoroid, komet dan satelit.
A. Planet
Dalam tata surya ada 8 planet yaitu merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus. Planet-planet tersebut beredar mengelilingi matahari. Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi selain berevolusi planet juga melakukan rotasi yaitu gerak planet berputar pada sumbunya.
1.      Merkurius
Planet merkurius letaknya paling dekat dengan matahari dan planet yang terkecil.
2.      Venus
Venus adalah planet yang dekat dengan bumi dan ukurannya hampir sama dengan bumi.
3.      Bumi
Bumi adalah planet tempat tinggal kita yang berbentuk bulat tepat dikedua kutubnya dan permukaan bumi terdiri atas laut dan daratan.
4.      Mars
Planet mars dikenal dengan planet merah karena permukaannya diliputi debu-debu merah.
5.      Yupiter
Yupiter merupakan planet terbesar di tata surya , yupiter dapat melakukan rotasi jauh lebih cepat daripada bumi.
6.      Saturnus
Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah yupiter, saturnus mempunyai cincin yang mengelilinginya, cincin tersebut berupa debu halus,kerikil kecil dan butiran es.
7.      Uranus
Uranus diselubungi oleh awan tebal, Uranus juga mempunyai satelit yang jumlahnya 15 buah. Akan tetapi yang paling besar ada 5 buah satelit yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Titania, dan Oberon. 
8.      Neptunus
Planet neptunus disebut planet kembar Uranus, permukaan planet berwarna biru dan sebagian besar diselubungi lapisan es cukup tebal.


C. Alasan
Menurut kelompok kami materi tata surya ini sangat cocok atau sesuai dengan metode course review horay dan di samping itu juga model pembelajaran tersebut mengutamakan pembelajaran aktif, menarik dan menyenangkan karena menggunakan permainan-permainan. Pembelajaran yang dirancang Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.
D. Contoh RPP untuk model pembelajaran ini


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester              : IV / 1
Alokasi Waktu              : 2 x 35 menit

  1. Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

  1. Kompetensi Dasar
Mendiskripsikan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan menjelasakan fungsinya (kelelawar, cecak, bunglon)

  1. Indikator
1.      Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu
2.      Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu

  1. Tujuan Pembelajaran:
1.      Siswa dapat mengetahui ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bunglon)
2.      Siswa dapat mendefinisikan fungsi dari ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cecak, bunglon)
3.      Siswa dapat memahami ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan fungsinya

  1. Materi Pelajaran (Materi Pokok)
Ciri-ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan hidupnya (ciri khusus pada hewan)

  1. Model Pembelajaran
Course Review Horay

  1. Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Demonstrasi
3.      Tanya Jawab
4.      Kelompok

  1. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Kegiatan Awal
1)      Mengucapkan salam
2)      Mengkondisikan kelas
3)      Berdo’a
4)      Absensi
5)      Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran
6)      Siswa mempersiapkan materi atau bahan ajar
7)      Siswa memperhatikan apersepsi guru
3. Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari
2)      Guru memperlihatkan gambar hewan kelelawar, cecak, dan bunglon
3)      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk tanya jawab
4)      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, untuk mengetahui pemahaman, siswa disuruh membuat 9 kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing
5)      Guru membaca soal secara acak dan siswa masing-masing kelompok menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskuskan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan salah diisi tanda silang (x)
6)      Siswa yang sudah mendapat tanda benar (v), harus berteriak horay atau yel-yel lainnya
7)      Kemudian guru dan siswa bersama-sama menghitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.
8)      Kelompok yang paling banyak meneriakkan horay maka kelompok tersebut yang menjadi pemenang. 
4. Kegiatan Akhir
1)      Guru memberikan pemantapan tentang materi yang telah dipelajari
2)      Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran

  1. Media Pembelajaran
1.      Gambar-gambar hewan
2.      Buku kajian siswa

  1. Sumber Belajar
Buku IPA (Jendela Sains Lingkungan Dan Alam Sekitar), Kelas 6
Penulis oleh Sri Harmi, penerbit oleh Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

  1. Penilaian
1.                  Teknik                         : Tes Tertulis
2.                  Bentuk Instrumen       : Tes Uraian
3.                  Penilaian                      : - Soal
                                      - Kunci jawaban
                                     
Soal :
1.                  Jelaskan bagaimana cecak menagkap mangsanya ?
2.                  Mengapa cecak dapat berjalan di tempat yang licin tanpa terpeleset ?
3.                  Jelaskan bagaimana kelelawar memproleh makanan ?
4.                  Sebutkan ciri-ciri dari kelelawar ?
5.                  Bagaimana cara cecak mempertahankan dirinya dari musuh ?
6.                  Bagaimana cara bunglon mempertahankan dirinya dari musuh ?
7.                  Sebutkan ciri-ciri bunglon dan fungsinya ?
8.                  Sebutkan jenis-jenis cecak ?
9.                  Kenapa mata bunglon disebut mata khusus ?


Kunci Jawaban :
1.                  Cecak menangkap mangsanya dengan cara merayap di tempat yang terang dan menggunakan lidahnya yang panjang dan lengket untuk menangkap mangsanya.
2.                  Karena di bawah jari-jari kaki cecak terdapat lapisan pelekat yang memungkinkan dapat berjalan di tembok, pohon dan di tempat licin tanpa jatuh.
3.                  Kelelawar menangkap mangsanya dengan cara mengeluarkan bunyi frekuensi tinggi dan menggunakan bunyi pantul untuk membantunya terbang di kegelapan dan untuk menangkap makanannya.
4.                  Ciri-ciri kelelawar :
1)                  Mempunyai 4 jari yang panjang
2)                  Ibu jarinya pendek dan berkait
3)                  Jari kakinya besar
4)                  Bercakar panjang dan melengkung
5.                  Cara cecak mempertahankan dirinya yaitu menanggalkan atau memotong ekornya untuk menghindari musuh.
6.                  Cara bunglon mempertahankan dirinya yaitu mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna sekitarnya.
7.                  Ciri-ciri bunglon dan fungsinya :
1)                  Ekor fungsinya untuk memegang mangsa
2)                  Jari-jari kaki fungsinya berpegang pada ranting dan menjaga keseimbangan
3)                  Lidah fungsinya untuk menangkap mangsa
4)                  Mata khusus fungsinya untuk melihat dua arah
8.                  Jenis-jenis cecak :
1)                  Cecak pohon
2)                  Cecak raksasa atau tokek
9.                  Karena mata khusus bunglon itu menyebabkan bunglon mampu melihat dua arah yang berbeda dalam waktu bersamaan.  








4 komentar:

widyw -kidiw-

boleh minta refrensi buku yang berkaitan dgn course review horay tidak?

Eva Yuanita (lovely ale)

NTR YA,,D CARI DOLO,,..SAMA BELAJAR JUGA KITA HEEHEE,,..

Eva Yuanita (lovely ale)

referensi yang mungkin relevan yaitu :
1. Mempraktikkan Cooperative Learning di Kelas Kita,Penulis Anita Lie,PT Grasindo.
2. Model Pembelajaran Inovatif,Penulis Udin S.Winataputra, Universitas Terbuka.

nanti saya coba carikan lagi,,,oklikkk

subaidi

maksh atas pparan di atas.,.,
klo boleh mnta referensi yang lain?
mkashsblmnya n scepatnya klo bisa

Posting Lebih Baru Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 
 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger