Selasa, 03 Mei 2011

MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE

Diposting oleh eva yuanita di 5/03/2011 12:23:00 PM
A.    Pengertian Model Pembelajaran Take and Give
Model Pembelajaran menerima dan memberi (Take and Give) merupakan model pembelajaran yang memiliki sintaks, menuntut siswa mampu memahami materi pelajaran yang diberikan  guru dan teman sebayanya (siswa lain).
Kelebihan :
·         Siswa akan lebih cepat memahami penguasaan materi dan informasi karena mendapatkan informasi dari guru dan siswa yang lain.
·         Dapat menghemat waktu dalam pemahaman dan  penguasaan siswa akan informasi.
Kelemahan:
·         Bila informasi yang disampaikan siswa kurang tepat (salah) maka informasi yang diterima siswa lain pun akan kurang tepat. 

B.     Media Model Pembelajaran Take and Give
a)      Siapkan Kartu dengan ukuran 10 x 15 cm untuk sejumlah siswa.
b)      Setiap kartu berisi nama siswa, bahan belajar (sub materi) dan nama yang diberi informasi, kompetensi dan sajian materi.
C.    Langkah-langkah Umum
1.      Guru menyiapkan kelas sebagaimana mestinya.
2.      Guru menjelaskan materi sesuai kompetensi yang sudah direncanakan selama 45 menit.
3.      Untuk memantapkan penguasaan siswa akan materi yang sudah dijelaskan, setiap siswa diberikan satu kartu untuk dipelajari (dihapal) selama 5 menit.
4.      Kemudian guru meminta semua siswa berdiri dan mencari teman pasangan untuk saling menginformasikan materi yang telah diterimanya. Tiap siswa harus mencatat nama teman pasangannya pada kartu yang sudah diberikan.
5.      Demikian seterusnya sampai semua siswa dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give).
6.      Guru mengevaluasi keberhasilan model pembelajaran take and give dengan memberikan siswa pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
7.      Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama mengenai materi pelajaran.
8.      Guru menutup pelajaran.

D.    Materi  Pembelajaran IPA yang Sesuai untuk Model Pembelajaran Take and Give
1.      Materi Pelajaran IPA kelas 5
·         Bab  I  Alat Pernafasan
Sub Materi : Alat pernafasan pada manusia
·         Bab II  Pencernaan Makanan Pada Manusia
Sub Materi : Alat pencernaan pada manusia
·         Bab V Penyesuaian Diri Makhluk Hidup terhadap Lingkungannya.
Sub Materi : Cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
2.      Materi Pelajaran IPA kelas 6
·         Bab 1 Ciri Khusus Makhluk Hidup
Sub Materi :  ciri khusus hewan terhadap lingkungannya.
·         Bab 4 Keseimbangan Ekosistem
Sub Materi : kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
·         Bab 11 Energi dalam kehidupan Sehari-hari
Sub Materi : guna energi listrik dalam rumah tangga

E.     Alasan Pemilihan Materi  yang Sesuai
Pemilihan materi yang sesuai untuk model pembelajaran take and give adalah materi yang mengandung informasi yang singkat, jelas dan padat. Hal ini dikarenakan   model pembelajaran ini lebih menekankan pada unsur ingatan dengan materi yang ringan dan mudah serta membutuhkan pemahaman yang cepat. Pembelajaran model ini pun tidak memerlukan pemahaman materi dengan teknik pelajaran praktek maupun diskusi.
Sehingga kami sepakat materi yang cocok untuk model pembelajaran ini adalah materi pada bab 1, 2, dan 4 pada buku IPA kelas 5 serta pada bab 1, 4 dan 11 pada buku IPA kelas 6, karena materi tersebut memiliki sub materi yang mudah untuk dipahami dan mudah untuk dijelaskan kembali.


Contoh RPP untuk model pembelajaran take and give   :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : VI / 1 ( enam / satu )
Alokasi Waktu            : 2 x 35 Menit
       I.            Standar Kompetensi
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
    II.            Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi kegiatan  manusia yang  dapat mempengaruhi keseimbangan         
      alam (ekosistem). 
 III.            Indikator
1.      Menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
2.      Menjelaskan usaha manusia untuk mencegah kerusakkan alam (ekosistem).
 IV.            Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem).
2.      Siswa dapat menyebutkan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem).
3.      Siswa dapat memahami usaha manusia untuk mencegah kerusakkan alam.
    V.            Materi Pelajaran
Kegiatan Manusia yang dapat Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem
1.      Berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
o   Penebangan dan pembakaran hutan
o   Penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan
o   Perburuan liar
o   Perusakan terumbu karang
o   Pembangunan industri (pabrik)
o   Perpindahan penduduk
o   Pengguanaan kendaraan bermotor
o   Pengeboran minyak di laut
2.      Usaha manusia untuk mencegah kerusakan alam (ekosistem).
 VI.            Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran        
§  Take and Give
2.      Metode Pembelajaran      
§  Ceramah
§  Tanya Jawab
§  Pemberian Tugas
VII.            Kegiatan Pembelajaran
A.          Kegiatan Awal
1.      Mengucapkan salam
2.      Berdo’a bersama
3.      Guru mengabsen siswa
4.      Guru memberikan apersepsi

B.           Kegiatan Inti
1.      Guru menjelaskan materi tentang berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
2.      Guru melakukan tanya jawab multi arah pada siswa seputar kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekositem.
3.      Guru menanyakan pemahaman siswa mengenai materi pelajaran yang telah disampaikan.
4.      Guru mencoba mengetahui pemahaman siswa dengan memberikan kepada setiap siswa satu kartu yang berisi sub materi pelajaran untuk dipelajari oleh siswa selama 5 menit.
5.      Kemudian guru meminta semua siswa berdiri dan menjelaskan pada siswa aturan pembelajaran yang akan dilakukan siswa.
6.      Setiap siswa harus mencari teman pasangan untuk saling member informasi mengenai materi yang sudah siswa terima.
7.      Setiap siswa harus mencatat nama teman yang telah diberi dan memberikan informasi.
8.      Kegiatan seperti ini dilakukan siswa sampai semua siswa selesai memberikan dan menerima informasi materi (take and give).
9.      Guru mengawasi dan mengarahkan jalannya kegiatan pembelajaran.
C.          Kegiatan Akhir
1.      Guru mengadakan evaluasi pada semua siswa agar dapat mengetahui keberhasilan model pembelajaran take and give
2.      Guru memberikan siswa pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain)
3.      Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama mengenai materi pelajaran.
4.      Guru menutup pelajaran. 
VIII.            Media dan Sumber Belajar
1.      Media
§  Kartu Materi
§  Gambar
2.      Sumber belajar
§  Buku Sains untuk SD kelas VI (hal 53-56)
§  Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD kelas VI  (hal 33-35)
 IX.            Penilaian
1.      Teknik Penilaian
o   Penilaian proses
o   Penilaian tulisan
2.      Bentuk Instrumen
o   Tulisan
v  Pertanyaan Evaluasi
1.      Coba uraikan akibat bila manusia sering melakukan penebangan dan pembakaran hutan!
2.      Tulislan apa yang kamu ketahui tentang akibat kegiatan petani yang menggunakan pestisida secara berlebihan?
3.      Coba uraikan mengapa perburuan liar dilarang!
4.      Tulislan apa yang kamu ketahui tentang perusakkan terumbu karang oleh nelayan nakal?
5.      Coba uraikan akibat dari pencemaran limbah industri!
6.      Mengapa perpindahan penduduk dapat merusak keseimbangan ekosistem?
7.      Tulislah akibat dari pencemaran kendaraan bermotor terhadap keseimbangan ekosistem?
8.      Apa yang terjadi bila pengeboran minyak dilaut mengalami kebocoran pipa?
9.      Tulislah apa yang kamu ketahui usaha mencegah kerusakkan ekosistem?
v  Bobot Nilai
Bila jawab siswa sesuai yang diharapkan siswa mendapatkan nilai 10.
v  Kriteria Penilaian
Siswa yang mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan yang diharapkan dan tujuan pembelajaran maka siswa dianggap berhasil menguasai pembelajaran.


Mengetahui,                                                
Banjarmasin, …………..2010


Kepala SD                                                   Guru Kelas VI                  





…………………………..                         …………………………

NIP.                                                           NIP.







LAMPIRAN 
Contoh : 
Kartu Untuk Siswa

 Nama Siswa       :

Sub Materi         :  Penebangan dan pembakaran hutan
o   Didalam hutan hidup berbagai macam hewan
o   Manusia menebang pohon untuk dimanfaatkan batang kayunya.
o   Manusia suka membakar hutan untuk membuka lahan pertanian atau lahan perumahan.
o   Perusakan hutan menyebabkan tanah hutan menjadi tandus.
o   Penebangan hutan menyebabkan  banjir

Nama Yang Diberi
1.
2.
3.
5.
6.
7.
8.
9.
 

0 komentar:

 

♥Bu Eva Journal♥ Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting