Selasa, 03 Mei 2011

MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA

Kelebihan
Sangat menarik sehingga setiap siswa ingin mencobanya
  
Kekurangan
Bila siswa tidak menjawab dengan benar, maka tidak semua siswa dapat maju karena waktu terbatas.
Dalam model pembelajaran Tebak Kata, sesuai dengan namanya siswa diajak bermain tebak kata dengan menggunakan media kartu / karton .
·         Media
a.       Kartu ukuran 10 x 10 cm dan istilah cirri – cirri atau kata – kata lainnya yang mengarah pada jawaban ( istilah ) pada kartu yang ingin ditebak .
b.      Kartu ukuran 5 x 2 cm untuk menulis kata – kata atau istilah yang mau ditebak ( kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan ditelinga, disaku atau dikalungkan ).

·         Langkah – langkah :

1.      Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi (kurang lbh) 45 menit.
2.      Guru menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan kelas .
3.      Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10 x 10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran
5 x 2 cm yang isinya tidak boleh dibaca ( dilipat ) kemudian ditempelkan didahi atau diselipkan di telinga, disaku baju atau dikalungkan .
4.      Sementara siswa membawa kartu 10 x 10 cm membacakan kata – kata yang tertulis didalamnya, sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud di dalam kartu 10 x 10 cm. jawaban yang tepat apabila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan didahi atau telinga.
5.      Apabila jawabannya tepat ( sesuai yang dituliskan di kartu ), maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang ditetapkan belum mengarah dengan kata – kata lain ( memancing ), asal jangan langsung memberi tahu jawabannya.


·         Materi yang cocok untuk model pembelajaran tebak kata adalah :
“ Ciri – cirri Khusus Makhluk Hidup “ Kelas VI

·         Alasan :
Materi yang lebih cocok dalam model pembelajaran tebak kata adalah “ cirri – cirri khusus makhluk hidup “ , karena isi dari materinya terdapat berbagai cirri – cirri dan penjelasan dari jenis hewan dan tumbuhan . Dimana materi seperti itu sangat cocok apabila menggunakan model pembelajaran tebak kata diperlukan beberapa cirri – cirri atau kata – kata yang mengarah pada jawaban ( istilah ) yang akan ditebak . Dalam model pembelajaran tebak kata, siswa dapat belajar sambil bermain , sehingga anak tidak merasa cepat bosan dalam proses pembelajaran.


Contoh RPP model pembelajaran ini :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester       : VI / I
Alokasi Waktu         : x 35 menit

A.      Standar Kompetensi
1.      Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya.

B.       Kompetensi
1.1  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan lingkungan hidupnya.
1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dengan lingkungan hidupnya.

C.      Indikator
·           Menyebutkan ciri-ciri khusus hewan tertentu.
·           Menjelaskan hubungan ciri-ciri khusus hewan dengan tempat hidupnya.
·           Menyebutkan tempat hidup dari tumbuhan tersebut.
·           Menyebutkan tempat hidup dari hewan-hewan tersebut.
·           Menyebutkan ciri-ciri khusus tumbuhan dengan tempat hidupnya.

D.      Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus hewan tertentu.
·         Siswa dapat menjelaskan hubungan ciri-ciri khusus dengan tempat hidupnya.
·         Siswa dapat menyebutkan tempat hidup dari hewan-hewan tersebut.
·         Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri khusus tumbuhan tertentu.
·         Siswa dapat menyebutkan tempat hidup dari tumbuhan tersebut.
·         Siswa dapat menyebutkan tempat hidup dari tumbuhan tersebut.
·         Siswa dapat menjelaskan hubungan ciri-ciri khusus tumbuhan dengan tempat hidupnya.

E.       Materi Pembelajaran
Ciri-ciri khusus makhluk hidup”
·      Ciri khusus beberapa jenis hewan
1.      Alat pendeteksi benda pada kelelawar
2.      Kaki lengket pada cecak dan tokek
3.      Lidah yang panjang dan lengket pada Bunglon dan Landak Semut
4.      Pumuk pada unta
5.      Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu
6.      Semburan air ikan pemanah.
7.      Bentuk sederhana bunga karang (koral)
·      Ciri khusus beberapa jenis tumbuhan
1.      Rongga-rongga udara pada teratai
2.      Kantung semar dan venus si pemakan serangga
3.      Bau busuk bunga Rafflesia
4.      Batang penyimpan air pada kaktus

F.       Model Pembelajaran
·      Tebak kata

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
I.     Kegiatan Awal
1.    Mengucap salam, mengabsen, dan berdo’a bersama
2.    Guru dan siswa mempersiapkan alat dan media belajar
3.    Guru memberikan apersepsi tentang materi yang akan dipelajari.
II.         Kegiatan Inti
1.    Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi ± 45 menit.
2.    Guru menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan kelas.
3.    Guru menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan kelas.
4.    Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10 x 10 cm yang nanti dibacakan pada pasangan. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.
5.    Apabila jawabannya tepat (sesuai yang ditulis di kartu), maka pasangan itu boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung member jawabannya.
6.    Dan seterusnya.
III.      Kegiatan Akhir
1.      Guru menanyakan kepada siswa, apakah siswa sudah bisa memahami materi pelajaran melalui permainan tebak kata tersebut.
2.      Siswa dengan bimbingan guru, bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran.
3.      Guru menutup pelajaran

H.      Media dan Sumber
·           Media
Kartu ukuran 10x10 cm dan kartu ukuran 5x2 cm.
·           Sumber
Buku sains untuk SD kelas VI

I.         Penilaian
·           Tes secara lisan
Kebenaran menjawab atau ketepatan menjawab soal yang ditanyakan, keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.

Banjarmasin,     April 2010
  Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas

B.     

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Archive

Entri Populer

 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger