Selasa, 03 Mei 2011

MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE

Pengertian Word Square
 Word Square dalam arti bahasa terdiri atas dua suku kata diantaranya Word yang berarti Kata dan Square yang berarti Pencari. Jadi  menurut bahasa arti dari Word Squre adalah pencari kata.
Dalam Model Pembelajaran, Word Square adalah model pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan jawaban pada kotak-kotak jawaban. Mirip seperti mengisi teka-teki silang tetapi bedanya jawabannya sudah ada namun disamarkan dengan menambahkan kotak tambahan dengan sembarang huruf penyamar atau pengecoh. Model pembelajaran ini sesuai untuk semua mata pelajaran. Tinggal bagaimana Guru dapat memprogram sejumlah pertanyaan terpilih yang dapat merangsang siswa untuk berpikir efektif. Tujuan huruf pengecoh bukan untuk mempersulit siswa namun untuk melatih sikap teliti dan kritis.
Kelebihan:
1.      Kegiatan tersebut mendorong pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
2.      Melatih untuk berdisiplin.

Kekurangan:
1.      Mematikan kreatifitas siswa.
2.      Siswa tinggal menerima bahan mentah

3.      Materi Pelajaran
1.      Peristiwa Alam Beserta Dampaknya.

4.      Langkah-langkah
1)      Langkah-langkah Model Word Square
1.      Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi.
2.      Guru membagikan lembar kegiatan
3.      Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban.
4.      Berikan poin setiap jawaban dalam kotak.
2)      Langkah-langkah Pembelajaran Menggunakan Model Word Square
Pembukaan
Guru menyampaikan apresepsi dan motivasi tentang materi pelajaran terdahulu yaitu peristiwa alam melalui tanya jawab. Kemudian guru memotivasi pentingnya materi yang akan dipelajari serta memberi contoh dalam kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan peristiwa alam.
Kegiatan Pokok
Guru menuliskan tujuan pembelajaran di papan tulis yaitu “Peristiwa Alam” kemudian menjelaskan materi pelajaran melalui lembar peraga tentang berbagai peristiwa alam dan sebab akibatnya. Selanjutnya guru menunjukkan lembar peraga yang berisi kotak word square dengan alternatif jawaban vertikal, diagonal. Siswa yang dapat menjawab pertanyaan ditugaskan mencari dan memberi tanda arsir pada kotak word square yang disediakan pada lembar peraga. Selanjutnya guru membagikan LKS yang berisi wacana tentang peristiwa alam dan soal-soal tentang isi wacana dalam bentuk word square sebanyak 12 soal. Siswa mengerjakan secara kelompok dalam waktu 20 menit.
Pada akhir kegiatan siswa yang mewakili kelompok menunjukkan jawaban word square di papan tulis. Kelompok lain memberi tanggapan hasil kerja kelompok tersebut. Guru memberi penguatan dengan menjelasklan istilah yang ditanyakan dalam word square tersebut sesuai isi wacana.
Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran. Kemudian melakukan kuis berupa pertanyaan yang harus dijawab secara kelompok. Guru menunjukkan lembar peraga yang berisi pertanyaan-pertanyaan tanpa tertulis tetapi dibacakan. Kelompok yang mampu menjawab dipersilakan mengisi kotak-kotak pada kotak Word Square dan diberi skor 10 jika benar dan beri skor 1 jika jawaban salah. Akhir kuis skor masing-masing kelompok dijumlahkan. Guru menutup pelajaran dan menugaskan siswa mencatat tugas PR dari buku teks pelajaran IPA.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

nii referensinya buku apa??

biophobia mengatakan...

bisa minta referensi nggak mbak tentang model pembelajran word square ini..dmana bisa diperoleh,,minta tlong mbak ini untuk skripsi saya

biophobia mengatakan...

bisa minta referensi nggak mbak tentang model pembelajran word square ini..dmana bisa diperoleh,,minta tlong mbak ini untuk skripsi saya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

♥Rumah Desa Koe♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review