Selasa, 03 Mei 2011

MODEL PEMBELAJARAN SCAMBEL

Model Pembelajaran Scamble
Model pembelajaran scramble tampak seperti model pembelajaran word square, bedanya jawaban soal tidak dituliskan di dalam kotak-kotak jawaban, tetapi sudah dituliskan, namun dengan susunan yang acak, jadi siswa bertugas mengoreksi (membolak-balik huruf) jawaban tersebut sehingga menjadi jawaban yang tepat / benar.
·         Kelebihan Model pembelajaran Scramble :
-          Memudahkan mencari jawaban
-          Mendorong siswa untuk belajar mengerjakan soal tersebut
-          Semua siswa terlibat
-          Kegiatan tersw dapat mendorong pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
-          Melatih untuk disiplin

·         Kekurangan model pembelajaran scramble
-          Siswa kurang berfikir kritis
-          Bisa saja mencontek jawaban teman lainnya
-          Mematikan kreatifitas siswa
-          Siswa tinggal menerima bahan mentah

·         Langkah-langkah Model pembelajaran scramble :
-          Guru menyajikan materi sesuai topic, misalnya guru menyajikan materi pelajaran tentang “Tata Surya”
-          Setelah selesai menjelaskan tentang Tata Surya, guru membagikan lembar kerja dengan jawaban yang diacak susunannya.

·         Media yang digunakan dalam model pembelajaran scramble :
-          Buat pertanyaan yang sesuai dengan TPK
-          Buat jawaban yang diacak hurufnya

Contoh lembar kerja siswa :
Susunlah huruf-huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan kolom A.
No
A
B
1.



2

3

4
Sebuah benda langit berupa bola gas (hydrogen dan helium)  yang bercahaya / berpijar dan mempunyai suhu sekitar 6000oC, disebut ………
Peredaran planet mengelilingi matahari, disebut ……..
Planet yang merupakan planet paling dekat   dengan matahari, yaitu ……….
Planet apa yang disebut juga planet merah, yaitu ………….
Ratamhai



Olusicer

Suirukrem

Arms

·         Menurut kami materi yang sesuai dengan model pembelajaran scramble, yaitu :
1.      Tata surya (kelas 6)
2.      Ciri-ciri khusus makhluk hidup dan lingkungannya (kelas 5)
3.      Pembentukan tanah (kelas 5)
4.      Alat pernafasan (kelas 5)


Alasannya karena materi ini lebih mudah dalam membuat media pada model pembelajaran scramble. Dan juga materi ini lebih mudah untuk disampaikan dan dipahami oleh semua siswa dengan menggunakan model pembelajaran ini karena dalam model scramble, guru menyajikan materi pelajaran sesuai TPK, dan setelah itu membagikan lembar kerja siswa yaitu media yang telah dibuat oleh gurunya. Jadi materi pelajaran ini akan lebih sukar disampaikan dengan percobaan langsung siswa, dengan kerja kelompok, tapi akan lebih mudah disampaikan dengan guru yang menyajikan atau menyampaikan materi pelajarannya sesuai TPK

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Archive

Entri Populer

 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger