Selasa, 03 Mei 2011

MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER

A.   Pengertian Model Numbered Heads Together
Number Heads Together adalah suatu model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan di depan kelas. Spencer Kagan memperkenalkan model ini pada tahun 1992. Model pembelajaran ini biasanya diawali dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Masing-masing siswa dalam kelompok sengaja diberi nomor untuk memudahkan kinerjakerja kelompok, mengubah posisi kelompok, menyusun materi, mempresentasikan, dan mendapat tanggapan dari kelompok lain. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa lngkah-langkah yang dapat dilakukan dalam melaksanakan model pembelajaran ini adalah :
1.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan masing-masing siswa dalam setiap kelompoknya mendapatkan nomor urut.
2.      Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakan permasalahan.
3.      Kelompok memutuskan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawaban ini.
4.      Guru memanggil salah satu nomor dan siswa yang bernomor tersebut melaporkan hasil kerja kelompok.
5.      Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
6.      Kesimpulan
Model pembelajaran Number Heads Together ini sangat sesuai jika dipadukan dengan metode   diskusi dan pendekatanya adalah inquiri. Namun sebelumnya ada baiknya jika kita menyeleksi KD yang tepat untuk model pembelajaran ini.
Setiap model dan metode yang kita pilih, tentu memiliki plus-minus sendiri-sendiri. Salah satu kekurangan dari metode ini ialah kelas cenderung jadi ramai, dan jika guru tidak dapat mengkondisikan dengan baik, keramaian itu dapat menjadi tidak terkenal, sehimgga menggangu proses belajar mengajar, tidak hanya dikelas sendiri, tetapi bisa juga mengganggu di kelas lain. Terutama untuk kelas-kelas dengan jumlah murid yang lebih dari 33 orang.
    Kelebihan Model Number Heads Together :
1.      Setiap siswa menjadi siap semua
2.      Dapat melakukan diskusi mengajari siswa yang kurang pandai
    Kelemahan Model Number Heads Together :
1.      Kemungkinan nomor yang dipanggil, dipanggil lagi oleh guru
2.      Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru
     Modifikasi dari Number Heads Together
     Siswa dikelompokan dengan diberi nomor dan setiap nomor mendapat tugas berbeda dan      nantinya dapat bergabung dengan kelompok lain yang bernomor sama untuk bekerjasama.
      Langkah-langkah :
1.      Siswa dapat dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor.
2.      Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai
3.      Jika perlu, guru bisa menyuruh kerjasama antar kelompok, siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini, siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokan hasil kerjasama mereka.
4.      Laporan hasil kelompok dan tanggapan dari kelompok yang lain.
5.      Kesimpulan.
       Kelebihan :
1.      Setiap siswa menjadi siap semua.
2.      Dalam melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh.
3.      Dapat bertukar pikiran dengan siswa yang lain.
       Kekurangan :
1.      Guru tidak mengetahui kemampuan masing-masing siswa.
2.      Waktu yang dibutuhkan banyak.
B.   Materi Pembelajaran yang Cocok dengan Model Number Heads Together
a.      Kelas 5 :
Ø Alat pernapasan pada manusia dan hewan
Ø Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya
b.      Kelas 6 :
Ø Perkembangbiakan makhluk hidup
c.       Alasan memilih materi tersebut
Alasan pada materi pelajaran tersebut guru susah menyampaikan atau menyajikan materi pelajaran secara konkret (apabila media pembelajaran yang dimiliki terbatas), maka dengan menggunakan model pembelajaran Number Heads Together siswa bisa memahami pelajaran lebih cepat.
Karena dalam model pembelajaran ini siswa bisa melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh dan siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai, sehingga setiap siswa memperoleh pemahaman tentang materi tersebut secara merata.


Contoh RPP model pembelajaran ini :
 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : V / I
Alokasi Waktu            : 2 x 35 ( 2 Jam Pelajaran )
Hari Tanggal               :

A.    Standar Kompetensi
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

B.     Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup.

C.    Indikator
l Mendiskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya.     Misalnya : memiliki racun, duri atau daun yang tajam.
l Mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dengan tempat hidupnya

D.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyimpulkan bahwa makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dalam usaha mempertahankan diri.

E.     Materi Ajar
Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungan
l Mawar dan bugenvil mempunyai duri sebagai pelindung. Hewan yang mendekati tumbuhan tersebut akan tertusuk duri. Rasa sakit akibat tusukan duri akan membuat hewan tidak mau lagi mendekati tumbuhan itu, begitu juga manusia yang ingin memetik bunga mawar dan bugenvil juga dapat tertusuk duri. Itulah sebabnya kita harus berhati-hati jika ingin memetik kedua jenis bunga tersebut.

F.     Model dan Metode
l Model pembelajaran : Numbered Hands Together (NHT)
lMetode                       : Ø Ceramah
                                        Ø Diskusi
                                        Ø Tanya Jawab


G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
Ø Guru Mengucapkan salam dan mengabsen siswa
Ø Guru Memberikan penjelasan yang relevan bahan pelajaran yang lalu dengan pelajaran yang akan diajarkan.

II.  Kegiatan Inti
Ø Guru Membagi siswa dalam beberapa kelompok (setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor)
Ø Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
Ø Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakan / mengetahui jawabanya
Ø Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja mereka
Ø Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.

III.  Kegiatan Akhir
Ø Guru bersama-sama anak murid menyimpulkan hasil diskusi.      
Ø Guru menutup pelajaran.


H.    Sumber Pembelajaran
l Sains Modern untuk SD dan MI Kelas 5

I.       Penilaian
l Tes secara lisan
Kebenaran menjawab atau ketepatan menjawab soal yang ditanyakan, keseriusan dan  konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.


Soal-soal :
1.      Sebutkan 5 jenis tumbuhan yang memiliki duri sebagai alat perlindungan diri terhadap pemangsa !
2.      Bagaimana cara tumbuhan kaktus bertahan hidup digurun pasir yang panas dan kering ?
3.      Sebutkan 5 jenis tumbuhan yang mengeluarkan getah untuk melindungi dirinya !
4.      Mengapa pohon jati merontokkan daunnya pada musim kemarau ?
5.      Bagaimana  cara tumbuhan kantong semar menangkap serangga makanannya ?s






       Mengetahui,                                                    Banjarmasin, April 2010
   Kepala Sekolah                                                              Guru IPA

                        ………………………...                                         ………………………...
                        NIP                                                                            NIP                                                                                                                                                                                                                           

3 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat menarik, terima kasih

wahyudi mengatakan...

thanks ya buat tugas kuliah ini

Anonim mengatakan...

LOW PADA PELJARAN IPS MATERI AP YANG COCOK DENGAN MODEL INI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

♥Rumah Desa Koe♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review