Selasa, 03 Mei 2011

MODEL PEMBELAJARAN CONSEPTSENTENSE

1.      Pengertian Model Conseptsentense

Model Conseptsentense ialah suatu proses pembelajaran yang mengembangkan beberapa kata kunci hingga menjadi sebuah kalimat dengan menggunakan kata kunci tersebut.
Model Conseptsentense ini biasanya dikerjakan secara berkelompok dan hasil diskusi kelompok di diskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh guru.
2.      Langkah-langkah Model Conseptsentense
1)      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2)      Guru menyajikan materi secukupnya
3)      Membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang secara heterogen
4)      Guru menyajikan beberapa kata kenci sesuai materi yang disajikan
5)      Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat
6)      Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleni yang dipandu oleh guru
7)      Kesimpulan
3.      Materi
Materi yang cocok untuk model pembelajaran Conseptsentense yaitu :
·         Tumbuhan hijau :
Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
Materi ini saya ambil dari :
Sains 5, Penerbit : Sahabat
Alasan Saya :
Saya memilih materi ini karena tumbuhan erat kaitannya dengan kehidupan anak-anak, sehingga anak dapat memahami dan mengetahui melalui apa tumbuhan bernafas dan bagaimana tumbuhan dapat mengahasilkan atau membuat makanan sendiri.

·         Pertumbuhan dan Perrkembangan Manusia :
Mengidentifikasi perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia.
Mendeskripsikan perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
Materi diambil dari :
Alasan saya materi ini karena anak-anak dapat dengan mudah memahami dan mengetahui perkembangan dan pertumbuhan manusia dan dapat mengetahui perbedaan fisik anak laki-laki dan perempuan.

Contoh RPP untuk model pembelajaran ini :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Sekolah                       : SD/MI . . .
Kelas                           : V
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Semester                     : I (satu)

Standar Kompetensi
Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.

Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan.

Indikator
• Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dancahaya lain.
• Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.

Alokasi Waktu
4 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1. Melakukan percobaan proses fotosintesis menggunakan cahaya matahari atau lampu neon.
2. Merumuskan hasil dari proses fotosintesis.
3. Mengumpulkan data berbagai bagian tumbuhan yang digunakan untuk menyimpan makanan cadangan.

B. Materi Pembelajaran
1. Tumbuhan hijau
2. Bagian-bagian tumbuhan yang menyimpan makanan

C. Metode Pembelajaran
1. Model
Conseptsentenses
2. Metode
 Diskusi Tanya jawab



D. Langkah-Langkah Kegiatan
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Motivasi
Tanyakan pada peserta didik apakah ciri-ciri makhluk hidup
2) Pengetahuan prasyarat
Ajukan pertanyaan bagaimana tumbuhan tumbuhan mencari makanan

b. Kegiatan Inti
1) Guru membagi peserta didik secara berpasangan.
2) Guru mengarahkan jawaban pertanyaan dengan meminta peserta didik untuk membuka dan membaca buku siswa.
3) Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang fotosintesis dan tempat penyimpanan makanan cadangan.
4) Guru membagi kelompok terdiri dari 4 orang secara heterogen
4) Guru meminta peserta didik mencari informasi melalui pengamatan tentang nama-nama tumbuhan serta bagian tumbuhan sebagai tempat menyimpan makanan cadangan setra membuat beberapa kalimat yang terdiri dari beberapa kata kunci.
5) Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat melakukan kegiatan dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
1) Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
2) Membimbing siswa merangkum pelajaran.

E. Sumber Belajar
1. Buku IPA Salingtemas Kelas V SD dan MI, Wigati Hadi Omegawati dkk.
2. Gambar skema fotosintesis
3. Tumbuhan disekitar siswa

F. Penilaian Hasil Belajar
1. Tehnik Penilaian dan Bentuk Instrumen
1)      Tes lisan
2)      Tes tertulis


2. Contoh Instrumen
Tes tertulis
1) Tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan dalam batang adalah…
a) Bayam dan Kedelai
b) Mangga dan nanas
c) Tebu dan sagu
d) Wortel dan singkong

2) Tuliskan proses terjadinya fotosintesis dari beberapa kata kunci berikut ini

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Archive

Entri Populer

 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger