Sabtu, 04 Juni 2011

10 Manfaat Bercinta

Apakah Anda termasuk orang yang rajin bercinta? bila ya, bersyukurlah. Sebab bercinta terbukti memiliki banyak manfaat. Menurut terapis seks dan psikolog, Joy Davidson, bercinta bukan hanya berguna bagi kondisi psikis seseorang tapi juga fisiknya dan ini terbukti lewat penelitian ilmiah. Inilah 10 manfaat bercinta bagi kesehatan. 

1. Mengusir Stres 

Menurut para peneliti di Skotlandia, bercinta terbukti menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Mereka mempelajari 24 perempuan dan 22 laki-laki yang mencatat aktifitas seksual mereka. Hasilnya, mereka yang rajin bercinta lebih baik mengatasi stres dibandingkan mereka yang jarang berhubungan intim.


2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Bercinta secara rutin, satu atau dua kali seminggu bisa memicu tubuh mengeluarkan antibodi yang disebut immunoglobulin A atau IgA, yang bisa melindungi seseorang dari serangan flu dan infeksi lainnya. 


3. Membakar Kalori
Bercinta selama 30 menit bisa membakar 85 kalori. Kelihatannya sedikit, tapi coba hitung bila rutin dilakukan. "Bercinta adalah satu olahraga yang efektif," kata seksolog, Patti Britton. 

4. Jantung Lebih Sehat
Ada kekhawatiran bercinta terlalu dahsyat bisa memicu stroke. Menurut peneliti Inggris hal tersebut keliru. Dalam jurnal kesehatan, Journal of Epidemilogy and Community Health, para peneliti tidak menemukan hubungan bercinta dan stroke dari 914 orang yang mereka teliti selama 20 tahun. 

Peneliti menemukan mereka yang rutin bercinta lebih dari dua kali sepekan memiliki risiko lebih kecil ketimbang mereka yang bercinta kurang dari satu kali dalam sebulan. 

5. Kepercayaan Diri Meningkat 
Meningkatkan kepercayaan diri adalah satu dari 237 alasan orang bercinta. Hal tersebut terungkap di jurnal kesehatan, Archives of Sexual Behavior. Seseorang yang rajin bercinta lebih terlihat percaya diri, karena dia merasa senang. 

6. Memicu Hormon Oxytocin
Bercinta lalu orgasme meningkatkan kadar hormon oxytocin. Hormon ini bisa meningkatkan perasaan sayang atau cinta, sehingga bisa membuat lebih percaya kepada pasangan Anda dan lebih terikat dengannya. 

7. Mengurangi Rasa Sakit 
Selain meningkatkan hormon oxytocin, hormon endorphins juga meningkat, bercinta bisa mengurangi rasa sakit, terutama sakit kepala. 

8. Memperkecil Risiko Terkena Kanker Prostat 
Ejakulasi teratur buat para pria terbukti mengurangi risiko terkena kanker prostat. Apalagi bagi mereka yang teratur bercinta sejak usia 20-an. 

9. Memperkuat Otot Panggul

Bagi perempuan, bercinta seperti melakukan senam kegel. Sama-sama meningkatkan otot panggul. 


10. Tidur Lebih Nyenyak 
Hormon oxytocin yang keluar saat orgasme juga membuat tidur seseorang lebih nyenyak. Dengan tidur nyenyak maka tubuh pun lebih sehat dan bugar.

_tempointeraktif

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Archive

Entri Populer

 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger