Selasa, 03 Mei 2011

MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS 1998

A.    Pengertian Model Pembelajaran Time Token Arends 1998
Model pembelajaran Time Token Arends 1998 merupakan model pembelajaran yang bertujuan agar masing-masing anggota kelompok diskusi mendapatkan kesempatan untuk memberikan konstribusi mereka dan mendengarkan pandangan serta pemikiran anggota lain.
Model ini memiliki struktur pengajaran yang sangat cocok digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, serta untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali.
Kelebihan :
·         Semua siswa aktif dalam mengeluarkan pendapatnya dan berpartisipasi dalam diskusi.
·         Dapat menumbuhkan dan melatih keberanian siswa dalam berpendapat bagi siswa yang pemalu dan sukar berbicara.
·         Semua siswa mendapatkan waktu bicara yang sama sehingga tidak akan terjadi pendominasian pembicaraan dalam berlangsungnya diskusi.
Kelemahan :
·         Siswa yang memiliki banyak pendapat akan sulit mengutarakan pendapatnya karena waktu yang diberikan terbatas.

B.     Langkah-langkah Umum
1.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar.
2.      Guru mengkondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL).
·         Cooperative learning:
Merupakan pembelajaran yang sesuai dengan fitrah manusia sebagai makhluk sosial yang penuh ketergantungan dengan orang lain, mempunyai tujuan dan tanggung jawab bersama, pemberian tugas, dan rasa senasib. Dengan memanfaatkan kenyataan itu, belajar berkelompok secara koperatif, siswa dilatih dan dibiasakan untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, tugas, dan tanggung jawab. Kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerjasama saling membantu mengkonstruksi konsep, menyelesaikan persoalan atau inquiri dengan anggota kelompok 4-5 orang siswa.  
3.      Guru memberikan setiap siswa kupon berbicara dengan waktu 30 detik, dan setiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu keadaan.
4.      Bila telah selesai bicara kupon yang dipegang siswa deserahkan pada guru. Setiap berbicara satu kupon.
5.      Siswa yang telah habis kuponnya tidak boleh bicara lagi, dan siswa yang lain yang masih memegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.
6.      Sehingga semua siswa memiliki hak bicara yang sama, dan sampai semua siswa berbicara ( berpendapat).
7.      Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama dari hasil diskusi.
8.      Guru menutup pelajaran.

C.    Materi Pelajaran IPA yang Sesuai untuk Model Pembelajaran Time Token Arends 1998
1.      Materi Pelajaran IPA kelas 5
·         Bab 14  Peristiwa Alam Beserta Dampaknya   
·         Bab 15  Dampak Kegiatan Manusia Terhadap Permukaan Bumi.
2.      Materi Pelajaran IPA kelas 6
·         Bab 4  Keseimbangan Ekosistem
·         Bab 5 Pelestarian Makhluk Hidup

3.      Alasan Pemilihan Materi yang Sesuai
Pemilihan materi yang sesuai untuk model pembelajaran time token arends 1998 adalah materi yang lebih menekankan pada penyampaian pendapat siswa dalam berlangsungnya pembelajaran. Hal ini dikarenakan model pembelajaran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam mengutarakan pendapatnya mengenai suatu masalah yang muncul. Pemahaman tentang materi oleh siswa dalam model ini sangat diutamakan terutama dalam bentuk diskusi yang kebanyakan pendapatnya harus memiliki dasar yang kuat untuk sebuah argument.
Sehingga kami sepakat materi yang cocok untuk model pembelajaran ini adalah materi pada bab 14 dan 15 pada buku IPA kelas 5 serta pada bab  4 dan 5 pada buku IPA kelas 6, karena semua materi tersebut memiliki sangat mudah memunculkan masalah yang harus dipecahkan dengan pertimbangan berbagai pendapat.

2 komentar:

Haris Caturboy

Q mnt referensi tentang time token. Makasih

lienda erma

Mbk minta tlong referensinya tntang time token donk. Yg lebih lengkap

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Archive

Entri Populer

 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger