Rabu, 01 Juni 2011

Tips Cara Menghilangkan, Mengatasi dan Mencegah Bau Mulut Tidak Sedap

Sebelum ada yang menyampaikan "kata-kata mutiara" - Kenapa hay wanita ku bibir kamu manis seperti manisan Jambu Biji, tapi hawa mulut kamu bau??? **Gubrak!!!
Bau mulut adalah masalah yang cukup serius bagi sebagian orang yang aroma mulutnya sangat tajam menusuk hidung orang-orang yang berada di sekitarnya. Orang yang puasa biasanya mulutnya akan bau tidak enak, namun hal ini wajar-wajar saja. Lain halnya jika bau mulut terjadi secara permanen tentu akan memberikan dampak atau citra yang negatif.

Bau mulut yang berkepanjangan dapat mengakibatkan seseorang jadi tidak percaya diri (pede) dan bisa menjadi pertanda suatu penyakit seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, liver, gangguan pada pencernaan, dan lain sebagainya. Di samping itu bau mulut juga dapat ditimbulkan dari adanya lubang pada gigi, sisa makanan di dalam mulut, karang gigi / karies, dan lain sebagainya.

Tanda-tanda terjadinya bau mulut biasanya adalah akibat terganggunya keseimbangan asam mulut seperti alir liur kental, mulut kering dan rasa tidak nyaman bicara. Selain itu lawan bicara akan terlihat gelisah dan mengambil inisiatif menjauh / mengambil jarak dalam berbicara. Bisa juga seseorang akan komplain atas bau tidak enak yang tercium dan berasal dari mulut kita.

Ketika melakukan ibadah puasa, seseorang akan lebih rentan terkena bau mulut yang tidak sedap dihidung dikarenakan adanya pengurangan produksi air liur yang dapat membuat mulut menjadi kering / xerostomia. Akibatnya jumlah oksigen di dalam mulut akan berkurang. Bakteri anaerob dapat berkembang biak di dalam mulut tanpa oksigen yang memecah asam amino dan menghasilkan gas sulfur yang membuat mulut tidak sedap baunya.

Tips Cara Menghilangkan, Mengatasi dan Mencegah Bau Mulut Tidak Sedap :

1. Gosok gigi yang rajin dan bersih setiap sehabis makan minimal selama 2 menit.
2. Tidak makan makanan dan minuman yang biasanya membuat mulut bau.
3. Hindari permen yang menimbulkan bau mulut setelah permennya habis.
4. Rawat gigi kita di dokter gigi dan cek up minimal dua kali setahun.
5. Minumn air putih yang banyak dan cukup.
6. Bersihkan lidah kita dari kuman dengan sikat lidah, sendok, sikat gigi, dsb.
7. Gunakan semprotan mulut penghilang bau.
8. Rajin berkumur dengan cairan pembersih mulut khusus untuk kumur.
9. Kebiasaan buruk merokok ditinggalkan saja.
10. Hindari banyaka makan makanan berminyak ketika sahur.
11. Makan makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
12. Minum yogurt, makan vitamin c dosis tinggi dan mengunyah tumbuhan seperti daun ketumbar, ekaliptus, taragon, dan lain sebagainya.



Tips Cara Menghilangkan, Mengatasi dan Mencegah Bau Mulut Tidak Sedap  secara alami:

Lemon : Coba hisap irisan lemon, atau gigit-gigit kecil pinggiran lemon tersebut. Jika sedang di restoran bisa pesan air putih dengan potongan lemon di dalamnya atau pesan lemon tea. Untuk waktu yang terdesak, permen dengan rasa lemon juga bisa membantu. Permen praktis dan mudah dibawa kemana saja.

Daun peterseli dan garnish hijau lainnya : Coba kunyah garnish hijau yang biasanya berupa daun parsley, basil atau rosemary. Batang dan daun tumbuhan kecil ini memiliki kandungan minyak yang memiliki aroma yang bisa menutupi bau mulut, demikian klikdokter merilis.

Apel, pir, dan wortel : Makanan ini kaya akan serat, dengan mengunyah akan membantu mulut memproduksi air liur. Kedua hal ini akan menciptakan semacam pembersih mulut.

Bumbu yang renyah : Untuk solusi eksotis lainnya, coba cari kapulaga, ketumbar, atau biji adas, yang biasa d jual di bakul bumbu. Mengunyah bumbu-bumbuan tadi akan mengeluarkan minyaknya untuk menetralkan bau mulut tidak sedap.

Daun mint atau batang kayu manis : Bahan-bahan ini bisa membantu memadamkan bau tidak menyenangkan dari bawang bombay dan bawang putih. Minyak dari kayu manis juga bisa membunuh bakteri pada mulut agar tidak berkembang lebih banyak.

Kayu manis atau permen karet rasa mint sama efektifnya : Jika suka perman karet, pilih permen karet dengan rasa mint yang mengandung xylitol untuk mengurangi risiko gigi berlubang sekaligus menyegarkan napas.

Buah berry dan yogurt : Jika sering mengonsumsi makanan yang bisa memicu bau napas tidak sedap, minumlah setengah cangkir yogurt tawar, bebas gula, dan rendah lemak yang bisa menurunkan level sulfida hydrogen penyebab bau mulut.

Buah berry, melon, jeruk dan sebagainya yang mengandung vitamin C tinggi, juga bisa mengurangi bakteri mulut yang berbau. Mulailah setiap hari dengan yogurt dan buah sebagai pelengkap.




Semoga bau mulut yang anda derita bisa hilang 100% atau minimal berkurang baunya.

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Archive

Entri Populer

 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger