Selasa, 03 Mei 2011

MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

1. Pengertian Model Pembelajaran SNOWBALL THROWING
    Model pembelajaran Snowball Throwing dibentuk kelompok yang diwakili ketua kelompok unuk mendapat tugas dari guru, kemudian masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh.
Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Snowball Throwing adalah :
    Kelebihan Model Pembelajaran Snowball Throwing :
1. Melatih kesiapan siswa
2. Saling memberikan pengetahuan
    Kekurangan Model Pembelajaran Snowball Throwing :
1. Pengetahuan tidak luas hanya berkutat pada pengetahuan sekitar siswa saja
2. Tidak efektif

2. Materi Yang Cocok Untuk Model Pembelajaran SNOWBALL THROWING
    Kelas 5
    - Pencernaan Makanan Pada Manusia
    - Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan

    Kelas 6
    - Tata Surya
    - Konduktor dan Isolator Panas

3. Langkah-langkah Model Pembelajaran SNOWBALL THROWING
    1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
    2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua
        untuk memberikan penjelasan tentang materi
    3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing,
        kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
    4. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk
        menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah
        dijelaskan oleh ketua kelompok
    5. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke
        siswa yang lain selama ± 15 menit
    6. Setelah siswa dapat satu bala / satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa
        untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut
        secara bergantian
    7. Evaluasi
    8. Penutup

4. Alasan Pemilihan Materi         
           Kami memilih materi pada buku IPA Kelas 5 dan Kelas 6. Kami memilih materi ini karena kami merasa materi ini cocok dibelajarkan dengan menggunakan model Snowball Throwing, karena materi mudah dipahami oleh peserta didik karena hanya menekankan pada pemahaman peserta didik dimana peserta didik bisa belajar secara berkelompok untuk memahami materi ini. Hal ini sesuai dengan model pembelajaran Snowball Throwing dimana peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok dan mereka memahami bersama-sama suatu materi.  

Contoh Model pemebelajaran ini :
 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester        : VI / II
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit


A. Standar Kompetensi
     Memahami Matahari sebagai Pusat Tata Surya dan Interaksi Bumi dengan Tata Surya.

B. Kompetensi Dasar
     Mendeskripsikan Sistem Tata Surya dan Posisi Penyusunan Tata Surya.

C. Indikator
     - Menjelaskan peran matahari sebagai pusat tata surya.
     - Mengidentifikasi kelompok benda langit sebagai anggota tata surya (planet, satelit,
        asteroid, dll).
     - Mendeskripsikan sistem peradaran tata surya.

I. Tujuan Pembelajaran
      - Siswa dapat menjelaskan peran matahari sebagai pusat tata surya berdasarkan
         penglihatan sehari-hari.
      - Siswa dapat mengidentifikasi kelompok benda langit sebagai anggota tata surya.
      - Siswa dapat mendeskripsikan sistem peredaran tata surya,


 II. Materi Pembelajaran
      Sistem Tata Surya
                  Sistem tata surya terdiri dari planet, matahari, dan benda angkasa lainnya, dimana matahari berperan sebagai pusat tata surya. Matahari menjadi pusar peredaran benda-benda langit. Matahari dan benda-benda langit lainnya berada dalam satu sistem yaitu sistem tata surya.
Planet yang mengelilingi matahari ada 8 yaitu :
1.      Merkurius
2.      Venus
3.      Bumi
4.      Mars
5.      Jupiter
6.      Saturnus
7.      Uranus
8.      Neptunus
Selain planet, ada benda langit yang juga mengelilingi matahari yaitu :
  1. Komet
  2. Asteroid
  3. Meteoroid
  4. Satelit

III. Model dan Metode Pembelajaran
      - Model  Pembelajaran
  • Snowball Throwing

      - Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Diskusi Kelompok
  • Tanya jawab


IV. Kegiatan Pembelajaran
       A. Kegiatan Awal
  • Mengucapkan Salam
  • Berdoa
  • Absensi
  • Mengkondisikan Kelas
  • Apersepsi
      
       B. Kegiatan Inti
  • Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 5 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang.
  • Guru memanggil masing-masing ketua kelompok untuk maju ke depan.
  • Guru menjelaskan materi pelajaran yaitu tentang Sistem Tata Surya kepada masing-masing kelompok.
  • Ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing untuk menjelaskan materi yang diberikan oleh guru kepada anggota kelompoknya.
  • Guru memberikan siswa masing-masing 1 lembar kertas kerja.
  • Siswa ditugaskan membuat pertanyaan berdasarkan materi yang telah dijelaskan, kemudian pertanyaan tersebut dituliskan pada kertas kerja yang disediakan. Lalu kertas tersebut dibentuk menjadi sebuah bola.
  • Bola yang sudah dibuat tadi dilempar dari satu siswa ke siswa lain selama ± 5 menit.
  • Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang ada ditangannya secara bergantian.
   C. Kegiatan Akhir
  • Guru dan siswa menyimpulkan bersama-sama materi pelajaran yang telah dilaksanakan.
  • Evaluasi.

V. Sumber dan Media Pembelajaran
     A. Sumber Belajar
ü  Buku IPA untuk kelas VI SD / MI : Penerbit Pusat Perbukuan
     
      B. Media Pembelajaran
ü  Hand Phone / Tape Recorder

VI. Penilaian
1. Bentuk Instumen
  • Lisan
-          Keseriusan Dalam Menyimak
-          Ketepatan Dalam Menjawab
  • Tertulis
-          Essay
2. Teknik
  • Tes
  • Non-Tes
3. Instrumen
  • Lembar Kerja Siswa

VII. Evaluasi
1. Soal Latihan
  • Apa perbedaan Bintang dengan Planet ?
  • Apa yang dimaksud dengan Tata Surya ?
  • Mengapa Planet dapat beredar mengelilingi Matahari ?
  • Mengapa arah ekor Komet selalu menjauhi Matahari ?
  • Apa yang dimaksud dengan Meteoroid ?
2. Kunci Jawaban
  • Bintang mempunyai cahaya sendiri, sedangkan planet tidak mempunyai cahaya sendiri. Planet hanya memantulkan cahaya yang diterimanya dari bintang-bintang.
  • Tata Surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari dan planet-planet yang mengelilinginya dengan matahari sebagai pusatnya, dan benda langit lain seperti Meteoroid, Komet, Asteoroid dan satelit.
  • Karena adanya gaya gravitasi matahari yang lebih besar daripada gaya gravitasi planet-planet.
  • Karena apabila komet mendekati matahari, maka komet mendapatkan dorongan angin matahari sehingga arah ekor komet selalu menjauhi matahari.
  • Meteoroid adalah benda-benda langit berukuran kecil yang melayang-layang diangkasa dengan kecepatan tinggi dan tidak mempunyai lintasan  tertentu.
3. Bobot Penilaian
     Setiap soal yang benar mendapatkan nilai 20, apabila jawaban kurang sempurna mendapatkan nilai < 20.
NA = Jumlah Soal Yang Benar x 20
4. Kriteria Penilaian
  • Apabila siswa mendapatkan nilai > 60 dinyatakan tuntas.
  • Apabila siswa mendapatkan nilai < 60 dinyatakan tidak tuntas.
  • Yang tidak tuntas akan diadakan remedial.


1 komentar:

adinming dahniar

sangat membantu terima kasih postinganya :)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Archive

Entri Populer

 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger