Selasa, 03 Mei 2011

MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang menggunakan ganbar-gambar yang berkaitan dengan materi yang disampaikan pada proses pembelajaran.

Langkah-langkah :
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingi dicapai.
2.      Menyajikan materi sebagai pengantar.
3.      Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan yang berkaitan dengan materi.
4.      Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang atau mengurutkan gambargambar menjadi uarutan yang logis.
5.      Guru menanyakan alasan dasar pemikian urutan gambar tersebut.
6.      Dari alasan/urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
7.      Kesimpulan/rangkuman.

Contoh Materi  yang cocok dengan model pembelajaran:
1.      IPA Kelas 6
Perkembangbiakan Makhluk Hidup
Perkembangbiakan pada Manusia
Pertumbuhan dan perkembangan manusia di dalam rahim dimulai ketika terjadi penggabungan antara sel sperma dan sel telur. Rahim hanya dimiliki perempuan. Jadi, pertumbuhan dan perkembangan pertama kali terjadi di dalam tubuh seorang ibu.
Bergabungnya sel sperma dan sel telur akan membentuk zigot. Proses tersebut dinamakan fertilisasi atau pembuahan. Setelah terjadi pembuahan, zigot terus membelah dan membentuk embrio. Setelah 120 jam dari proses pembelahan, embrio akan menempel di dinding rahim ibu. Proses penempelan ini disebut implementasi. Embrio tumbuh menjadi janin dan mendapatkan makanan dan oksigen dari ibu melalui plasenta.


Alasan:
Model pembelajaran picture and picture cocok digunakan untuk menyampaikan materi pertumbuhan dan perkembangan manusia di dalam rahim. Materi disampaikan sebagai pengantar. Namun, perlu juga adanya penjelasan dari guru sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan, yaitu dengan menunjukkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi. Dengn menunjukkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi yang disampaikan akan memperjelas pemahaman siswa terhadap materi. Dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia ada beberapa tahapan, yaitu tahap pembuahan, 36 jam setelah sel telur dibuahi, setelah 4 minggu, setelah 5 minggu, setelah 8 minggu, setelah 28 minggu dan sekitar 38 minggu setelah pembuahan maka janin siap dilahirkan. Setelah siswa memahami materi yang disampaikan, guru menunjuk atau memanggil siswa secara bergantian untuk memasang ataupun mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis. Kegiatan ini dapat memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan ditanyakan alasan dasar pemikiran urutan gambar dapat diketahui tingkat pemahaman siswa. Dari alasan tersebut guru dapat menyeragamkan pemahaman siswa. Setelah itu dapat dilakukan penyimpulan pelajaran.

2.      IPA Kelas 6
Tata Surya
Planet-Planet
Planet-planet beredar mengelilingi matahari. Planet-planet tersebut beredar dalam suatu lintasan planet yang disebut orbit yang berbentuk elips. Dalam tata surya ada 8 planet, yaitu merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus. Peredaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi planet. Gerak rotasi adalah gerak berputar pada porosnya.

Alasan:
Model pembelajaran picture and picture cocok digunakan untuk menyampaikan materi planet-planet. Dengan disampaikannya materi sebagai pengantar akan memberikan pemahaman pada siswa dan mempermudah untuk menikuti pembelajaran selanjutnya. Dengan guru menunjukkna gambar berupa matahari sebagai pusat tata surya beserta 8 gambar planet yang mengelilinginya sesuai dengan garis orbitnya masing-masing secara berurutanakan mempermudah dan meningkatkan daya ingat serta pemahaman mereka mengenai letak matahari beserta 8 planet yang mengelilinginya. Dengan ditunjuknya siswa secara bergantian memasang atau mengurutkan gambar-gambar tersebut dapat mengasah daya ingat siswa. Guru menanyakan alasan dasar pemikiran urutan-urutan gambar, disini siswa memadukan pemahaman dan keterampilan. Penanaman konsep oleh guru akan menyeragamkan pemahaman siswa. Kesimpulan mengajak siswa mengulang dan mengingat materi yang dipelajari secara singkat.

Model Pembelajaran PICTURE AND PICTURE
1.      Kelebihan :
a.       Guru lebih mengetahui kemampuan masing-masing siswa.
b.      Melatih berpikir logis dan sistematis.

2.      Kekurangan :
Memakan banyak waktu sehingga banyak siswa yang pasif.



Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

♥Rumah Desa Koe♥ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review