Selasa, 03 Mei 2011

MODEL PEMBELAJARAN INSIDE – OUTSIDE – CIRCLE (LINGKARAN BESAR – LINGKARAN KECIL)

Diposting oleh eva yuanita di 5/03/2011 12:49:00 PM
Teknik mengajar lingkaran besar dan lingkaran kecil (inside – outside – circle) dikembangkan oleh Spencer Kagan untuk memberikan kesempatan pada siswa agar saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan.
Bahan pelajaran yang paling cocok digunakan dengan teknik ini adalah bahan yang membutuhkan pertukaran pikiran dan informasi antar siswa. Salah satu keunggulan teknik ini adalah adanya struktur yang jelas yang memungkinkan siswa untuk berbagi dengan pasangan yang berbeda dengan singkat danteratur. Selain itu siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana gotong royong dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah informasi dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.

Langkah-langkah :
1.    Separuh kelas (atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak) berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap ke luar.
2.    Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran diluar lingkaran pertama menghadap  ke dalam.
3.    Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.    Kemudian siswa yang di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang di lingkaran besar bergeser, satu atau dua langkah searah jarum jam.
5.    Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi demikian seterusnya.

              Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.

Kelebihan :
              Mendapatkan informasi yang berbeda pada saat yang bersamaan.
     Kekurangan :
Ø   Membutuhkan ruang kelas yang besar.
Ø   Terlalu lama sehingga tidak konsentrasi dan disalahgunakan untuk bergurau, juga rumit untuk dilakukan.

Materi yang cocok dengan model pembelajaran.
1.    IPA kelas 5 Bab V
Penyesuaian Makhluk Hidup
a.         Penyesuaian diri pada hewan
1.    Penyesuaian diri untuk memperoleh makanan.
2.    Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.
b.        Penyesuaian diri pada tumbuhan
1.    Penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu.
2.    Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.

Alasan :
              Pada pembelajaran dengan menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar - lingkaran kecil) ini. Terlebih dahulu guru menyampaikan informasi dengan menjelaskan isi materi (penyesuaian makhluk hidup). Menurut kelompok kami materi penyesuaian makhluk hidup sangat cocok untuk model outside - inside - circle (lingkaran besar - lingkaran kecil). Karena materi ini sering ditemui anak dalam kehidupan sehari-hari, melalui penjelasan dari guru tentang penyesuaian makhluk hidup maka anak memadukan apa yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan informasi yang disampaikan oleh guru, sehingga pada saat anak membentuk lingkaran besar dan lingkaran kecil yang selanjutnya anak akan menyampaikan informasi, anak mudah mengingat informasi yang akan dia sampaikan kepada teman pasangannya, materi ini juga memiliki cakupan isi/materi yang cukup banyak sehingga memudahkan guru untuk membagi materi sesuai dengan siswa yang membentuk lingkaran, karna masing masing-masing anak membawa informasi yang berbeda untuk teman pasangannya.


2.    IPA Kelas 5 Bab XIV
Sumber Daya Alam
a.        Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitar
1.    Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
2.    Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
b.        Penggunaan Sumber Daya Alam
1.    Mineral
2.    Kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi

Alasan :
              Pada pembelajaran menggunakan model outside - inside - circle (lingkaran besar - lingkaran kecil). Menurut kelompok kami materi ini cocok untuk model inside (outside - circle) (lingkaran besar - lingkaran kecil) karena materinya dapat dikembangkan oleh anak berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka. Misalnya : materi tentang kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi, jika guru menggunakan soal pertanyaan dalam  pertukaran pikiran dan informasi untuk setiap anak, maka mempermudah pekerjaan guru dalam membuat pertanyaan, pertanyaan yang sama dapat diberikan kepada beberapa anak, karena kemungkinan jawaban yang akan mereka dapat dari teman pasangannya berbeda. Dengan model pembelajaran outside - inside - circle materi akan mudah dipahami oleh anak karena materi ini dapat disampaikan dengan singkat dan eratur, misalnya berkaitan dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, dan tidak dapat diperbaharui, sehingga dengan model pembelajaran outside - inside - circle ini cakupan materi yang cukup luas dapat dipahami dan dikembangkan oleh anak.

Contoh RPP model pembelajaran ini :


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Model pembelajaran CIRC

Mata Pelajaran            :           Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas / semester          :           6 / ( satu )
Hari / tanggal              :
Alokasi Waktu            :           2  JP x 35 menit

Standar Kompetisi   :
Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan.

Kompetisi Dasar      :
Mendiskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat.

A.    Indikator   :
Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan

B.     Tujuan pembelajaran         :
1.      Memahami pentingnya pelestarian alam untuk generasi berikutnya.
2.      Menyebutkan contoh penyebab kepunahan.
3.      Mengetahui cara mencegah kepunahan makhluk hidup.

C.     Materi pembelajaran          :
·         Buku paket Sains untuk SD Kelas VI bab 4 halaman 71
Kehadiran hewan dan tumbuhan, pada dasarnya dapat menjaga keseimbangan alam karena terjadi saling membutuhkan (rantai makanan).  Alangkah menyedihkannya jika suatu saat kita tidak dapat memperoleh apa yang kita butuhkan itu karena sudah punah. Untuk itu kita perlu melestarikannya, sebab jika tidak dilestarikan anak cucu kita / generasi berikutnya tentu sangat rugi karena tidak dapat mengenal hewan dan tumbuhan itu.

      Penyebab kepunahan yang terjadi akibat perbuatan manusia :
1.      Penebangan dan pebakaran hutan
2.      Penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan
3.      Pemburuan liar di hutan
4.      Perusakan terumbu karang di laut
5.      Pembangunan industry yang menghasilkan limbah dam mencemari lingkungan
Cara mencegah kepunahan makhluk hidup :
1.      Melindungi tempat hidup hewan dan tumbuhan langka dengan membuat UU dan peraturan, serta cagar alam margasatwa.
2.      Mengembang-biakan pembudidayaan hewan dan tumbuhan langka tersebut.
3.      Melarang kepemilikan satwa yang di lindungi dengan mengembalikan ke habitat asalnya.

D.    Metode Pembelajaran      
1.      Kerja kelompok
2.      Presentasi
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
E.     Langkah-langkah Pembelajaran :
1.      Pendahuluan
1)      Salam, sapa dan berdo’a bersama
2)      Apersepsi tentang materi
3)      Membagi kelompok yng anggotanya 4 orang secara heterogen berdasarkan tingkat kemampuan membaca.
2.      Kegiatan Inti
1)      Menjelaskan pembagian tugas kelompok
2)      Guru memberikan wacana / kliping sesuai topic pembelajaran
3)      Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana / kliping dan ditulis pada lembar kerja.
4)      Mempresentasikan / membaca hasil kelompok.
3.      Kegiatan akhir
1)      Guru menyimpulkan materi bersama murid
2)      Penutup

F.      Sumber bahan       :
-          Buku paket Sains untuk SD Kelas VI ( erlangga )
-          Kliping tentang lingkungan alam

G.    Penilaian
-          Test perbuatan : presentasi dan kerja kelompok
-          Tes lisan

0 komentar:

 

♥Bu Eva Journal♥ Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting