Senin, 04 April 2011

Meningkatkan Nafsu Makan pada Anak

Saya merasa kehabisan akal ketika saya harus mengahadapi anak saya yang kurang nafsu makannya. Padahal saya sudah berusaha untuk mengatasinya sebisa saya. Saya berfikir pasti ada yang salah, entah cara saya memberikan makanan, atau anak saya sendiri yang mengalami masalah. Kali ini saya ingin berbagi sedikit info, kita mulai dari penyebab nafsu makan anak saya berkurang dan cara mengatasinya, info di bawah ini saya dapatkan dari sumber : 




Kurangnya variasi makanan yang diolah.
Hal ini bisa ditanggulangi dengan: 

1. Mencoba dengan bahan yang sama tetapi dengan resep yang berbeda, misalnya jagung selain dibuat sop, bisa juga dimasak untuk dadar jagung, atau makanan selingan seperti kue jagung, jenang jagung dan lain sebagainya.    
2. Menambah makanan selingan dengan bahan yang bergizi diantara makanan utama misalnya dari ketela pohon direbus kemudian dihaluskan,kemudian dikepal, di dalamnya diberi gula merah, dicelupkan dalam adukan 1 butir telor lalu digoreng, atau wortel (tambahkan daging bila ada) dicincang, tumis dengan bawang putih dan daun bawang, masukkan bihun yang sudah ditiriskan tambahkan kecap sedikit, gula dan garam secukupnya.     
3. Tetap diusahakan agar anak selalu makan (makanan utama) 3 kali sehari agar nutrisi yang masuk dalam tubuh anak terjaga, perlu diberitahukan pada pembantu rumah tangga yang menyuapi si anak agar sabar dan telaten.      
4. Menambah multivitamin yang sesuai dengan kondisi dan umur anak misalnya selain ASI ditambah dengan susu yang dibutuhkan tubuh si anak (bisa melalui konsultasi gizi dengan dokter si anak). 
     
Masa peralihan pemberian makanan lunak ke padat (umur 2 tahun keatas).
Hal ini bisa diatasi dengan ramuan: 
1. Sesendok makan air jeruk nipis diberi gula secukupnya,
diminum 2x sehari sesudah makan.        
2. Sehelai daun pepaya segar dicuci lalu dilumatkan dengan
sedikit garam dan diberi air matang sedikit demi sedikit kira-kira 1/4
gelas , peras airnya kemudian diminum sekaligus.       

Sakit perut semacam sakit perut biasa, mencret/diare, cacingan, dll.
CACINGAN: 
250 g mentimun dan 500 g tahu di buat sop.     
Segenggam daun pare segar diseduh dengan 1/4 gelas air lalu disaring dan diberi 1 sendok teh madu kemudian diminum sebelum sarapan. 
5 wortel yang sudah dikeringkan ditumbuk/parut sampai menjadi bubuk, seduh dengan air secukupnya, minum 2x sehari, 5 g setiap kali minum.  

Bila cacingan kremi: 3 siung bawang putih dikupas, dicuci, kunyah sampai halus, telan dan minum air hangat, lakukan 1-2x sehari atau dengan resep : 1/4 kelapa hijau dan 1 wortel diparut, campur kedua bahan ini dengan bahan segelas air, peras dan saring, dan diminum malam hari sebelum tidur.     

Bila cacingan gelang: 60 g jahe segar dicuci lalu dilumatkan dan diberi segelas air, lalu disaring dan diberi 1 sendok makan madu, dan diminum 3x sehari atau dengan resep : 2 sendok biji pepaya dilumatkan lalu diseduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu ditambahkan 1 sendok makan madu dan diminum selagi hangat 1x sehari.

Selain cara di atas ada juga beberapa cara yang saya temukan dari sumber lainnya : 

Ada banyak penyebab seseorang kehilangan nafsu makan. Menyajikan hidangan dalam porsi kecil dan penampilan menarik bisa jadi solusinya.
Peradangan usus (peptic ulcer) dan food intolerance bila menurunkan nafsu makan seperti halnya kondisi stres, depresi, atau shock, Demam dan alergi saluran selaput lendir hidung )rhinitis) juga dapat menurunkan nafsu makan karena berkurangnya daya perasa dan penciuman.
Faktor lain nafsu makan menurun, yakni konsumsi jenis obat-obatan tertentu dan perubahan hormonal akibat siklus menstruasi. Mereka yang memasuki usia tua juga bisa mengalami hal ini akibat berkurangnya aktivitas fisik dan hormon tubuh.
Di sisi lain, hilangnya nafsu makan bisa disebabkan kurangnya asupan zat gizi tertentu. Kekurangan zinc, misalnya, bisa menurunkan indra perasa dan penciuman. Demikian juga kekurangan kalium dan magensium.
Pada dasarnya setiap jenis minuman, termasuk soda dan jus buah, dapat mengurangi rasa lapar kalau dikonsumsi sebelum waktu makan. Konsumsi alkohol berlebihan juga bisa menjadi penyebab menurunnya nafsu. Sebaliknya, konsumsi alkohol dalam jumlah normal bisa mendorong naiknya nafsu makan.


Hindari Junk Food
Menurunnya selera makan bisa dihindari dengan upaya menyajikan hidangan dalam porsi kecil dan penampilan menarik. Sebaiknya hindari junk food.

Sajikan kudapan dan makanan berkalori tinggi untuk mereka yang ingin menambah berat badan. Jangan lupa, konsumsi vitamin C dan vitamin B (vitamin larut air) serta beberapa mineral seperti zinc, kalium, magnesium.

Anda bisa memperolehnya dari beberapa bahan makanan.

  • Zinc: daging, hati, kerang, telur, serealia tumbuk, kacang-kacangan.
  • Kalium: makanan mentah atau segar, terutama sayuran, buah dan kacang-kacangan.
  • Magnesium: sayuran hijau, serealia tumbuk, biji-bijian, kacang-kacangan, daging, susu, daging.
  • Vitamin B: biji-bijian, kacang-kacangan, kacang merah, tofu, tuna, ikan salmon, sayuran.
  • Vitamin C: buah jeruk, melon, semangka, bayam, brokoli, tomat, ubi, kubis, kembang kol.
Coba cari variasi makanan, diluar makanan biasamu. Makanan yang paling enak menurut kamu...(mungkin bisa mengembalikan nafsu makan).

Memang ada obat yang dapat meningkatkan selera makan. Namun sebetulnya efek meningkatkan selera makan ini merupakan salah satu efek samping dari penggunaan obat tersebut. Meski ini telah banyak ditemukan di negara berkembang, namun penggunaannya di negara asalnya banyak ditentang. Meski hasil beberapa penelitian menunjukkan obat ini merangsang pertambahan berat badan anak, efek ini bersifat sementara dan segera kembali setelah obat dihentikan. Sementara efek samping obat yang lain juga sering menjadi keluhan dan lebih membahayakan.
Kurkuma
Menurut sumber berikutnya yang saya baca, Kurkuma juga dapat meningkatkan nafsu makan pada anak.
Selama ini kita mengenal mahoni sebagai pohon yang kayunya bisa digunakan untuk membuat perabot rumah. Namun ternyata sudah lama buah maupun biji dari pohon ini juga berguna untuk mengatasi beberapa penyakit di antaranya hipertensi dan menambah nafsu makan. Tidak mau makan ataupun memilih-milih makanan dapat mengakibatkan kekurangan satu atau lebih nutrient yang dibutuhkan sehingga tumbuh kembang optimal terganggu. Keadaan nafsu makan yang kurang atau sama sekali tidak ada kita sebut dengan istilah ANOREKSIA. Anoreksia bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala klinis dari suatu penyakit atau kelainan tertentu. Banyak hal yang dapat menyebabkan anoreksia, antara lain penyakit organik, faktor psikologis, dan pengaturan makan yang kurang baik. Penyakit infeksi seperti pada saluran napas atas juga TBC dapat memberikan gejala anoreksia.

Adapun hal - hal yang harus diperhatikan dengan baik berkaitan dengan kasus kurang nafsu makan pada anak, yaitu hindari memberikan makanan yang mempunyai aroma yang keras seperti yang mengandung MSG (monosodium glutamat / micin), karena bila anak terbiasa memakan makanan yang mengandung zat tersebut, maka pastinya dia bisa "mendeteksi" rasa hambar saat makan makanan sehari - harinya, sehingga anak jadi tidak mau makan.
Jangan pernah memaksakan anak makan dengan perasaan emosi ataupun amarah, sehingga anak merasa dia harus makan karena dia takut pada anda. Perlu dimengerti, hal ini akan mempengaruhi perkembangan emosinya yang dapat berakibat anak makin sulit makan, dan menjadikan makan sebagai suatu hal yang mengerikan baginya.

Nah setelah mendapatkan beberapa informasi tersebut, saya akan mencoba menerapkan kepada anak saya. Saya berharap ini akan berhasil. Dan anak saya bia tumbuh dengan sehat.


Sumber :

2 komentar:

suplemen glucogen

artikelnya sangat menarik dan bermanfaat. sukses
suplemen glucogen

obat tradisional pemutih wajah

postingnya sangat bagus dan sangat membantu.
obat tradisional pemutih wajah

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Archive

Entri Populer

 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger