Jumat, 29 April 2011

BISNIS KREASI KAIN FLANEL

Hemm bikin kreasi and menghasilkan duitt siapa sech yang nggak mau..sayapun tertarik untuk mencoba membuatnya...haha walaupun masih belum sempat terlaksana karena kesibukan..
Banyaknya usaha rumahan atau home industri makin menggeliat seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang kian meningkat.
Banyak usaha kreasi kerajinan tangan yang mendapatkan respon yang baik. Pemerintah daerah pun ikut membantu terselenggaranya usaha dari kreasi kerajinan tangan ini, dengan sistem UKM atau Usaha Kecil Mandiri.
Macam-Macam Kreasi Kerajinan Tangan
Ada bermacam-macam jenis kreasi kerajinan tangan di Indonesia. Bahkan setiap daerah memiliki ciri khas kreasi kerajinan tangan sendiri.
Banyak bahan dasar yang bisa diambil dari alam sekitar maupun memanfaatkan sisa-sisa barang yang sudah tak terpakai menjadi barang yang unik dan menarik.
Macam-macam kreasi kerajinan tangan antara lain:
  • Kreasi kerajinan tangan dari anyaman bambu
    Membuat kreasi kerajianan tangan anyaman bambu ini membutuhkan keahlian khusus.  Tapi semua orang bisa melakukannya dengan latihan.

    Bahan dasar kreasi kerajinan tangan ini adalah bambu.  Banyak benda yang bisa dibuat dari kreasi kerajinan tangan anyaman bambu ini antara lain tas anyaman, tempat sampah, tempat makan, maupun keranjang baju.

    Masih banyak lagi kreasi kerajinan tangan dari bahan bambu ini yang dapat dibuat.  Yang terpenting adalah bahan pembuatnya yaitu bambu, mudah didapat dan harganya relatif murah.
  • Kreasi kerajinan tangan dari bahan bekas
    Kreasi kerajinan tangan dari bahan bekas seperti bahan kardus mie, kertas koran dan majalah maupun plastik bekas bungkusan/kemasan produk (misalnya plastik kemasan sabun pencuci piring cair yang refill/isi ulang).

    Mengolah dan mendaur ulang produk bahan bekas menjadi kreasi kerajinan tangan yang menarik sangat menguntungkan.

    Tidak hanya mendapatkan keuntungan yang lumayan jika dijual, kreasi kerajinan tangan dari bahan bekas ini membantu dalam memanfaat bahan bekas yang tidak dapat diuraikan sehingga dapat menjaga kelestarian alam dengan mengurangi jumlah sampah non organik/plastik.

    Contoh kreasi kerajinan tangan dari bahan bekas ini antara lain: tas tangan dari plastik bekas kemasan sabun cair, yang di sambung dan dijahit membentuk pola sebuah tas yang unik.
  • Kreasi kerajinan tangan dari manik-manik
    Nah, kalau kreasi kerajinan tangan dari manik-manik ini memang harus dilatih terlebih dulu.  Walupun terlihat mudah dalam pembuatannya, tapi karena kecil bentuknya dan membentuk pola seperti bunga dan lainnya, jadi harus telaten dan terus berlatih.

    Kreasi kerajinan tangan dari manik-manik seperti dari batu akrilik masih sangat diminati.  Bahan dasar akrilik dapat dibuat hiasan bunga, tempat tisu, tempat aqua dan lainnya.  Harganya memang agak mahal dan hanya dijual di toko tertentu saja.
  • Kreasi kerajinan tangan dari flanel
    Kreasi kerajinan tangan yang berbahan dasar kain flanel ini banyak sekali macamnya.  Kain flanel adalah kain khusus yang dapat dibuat sebagai hiasan dan bentuk yang lain seperti nama di kaos, boneka flanel, hiasan rambut dan lainnya.

    Kreasi kerajinan tangan dari flanel ini sangt menarik karena warna kainnya yang bermacam-macam dan bisa dibuat sesuatu yang menyerupai bentuk aslinya.  Yang diperlukan hanya inovasi dan kreatifitas dari pembuatnya saja.  Harga bahan kain flanel tidak terlalu mahal dan mudah dicari.
Kenapa tidak, mulailah mencari bahan dasar pembuatannya yang murah dan terjangkau serta belajar cara membuatnya. Selamat mencoba!

Menilik kerajinan kain flanel. Kain flanel yang lembut dan memiliki warna menarik sangat mudah dibentuk, sedemikian sehingga sering dijadikan pilihan untuk membuat berbagai macam produk hiasan, mainan anak, ataupun aksesoris yang digunakan sebagai souvenir. Seperti gantungan kunci, gantungan HP, bros, jepit rambut, hiasan magnet, karet rambut dan lain-lainnya. Harga jualnya juga relatif bagus, jika dibandingkan dengan modal yang dibutuhkan, yakni sekitar Rp. 2.000,- – Rp. 8.000,- . Modal awal bisa ditekan, karena produksi awal hanya untuk sampel, selanjutnya produksi dilakukan hanya jika ada pesanan.
Berikut perhitungan peluang usaha kerajinan produk kain flanel:
  • Modal Awal
    • Barang Modal
      • Jarum, gunting, lem Rp. 35.000,-
    • Bahan Baku
      • Flanel ukuran 1 meter Rp. 100.000,-
      • Benang Sulam 10 warna Rp. 15.000,-
      • Dakron (busa isi) KW 2 2kg Rp. 40.000,-
      • Aksesoris (gantungan kunci & HP), Peniti Bros,
        Mata Boneka, Jepit Rambut, Magnet, Karet Rambut Rp. 50.000,-
      • Lem Tembak Rp. 5.000,-
Proyeksi keuntungan dan balik modal:
Jika dalam waktu sebulan Anda berhasil menjual 40 buah untuk masing-masing 9 variasi kain flanel yang paling sederhana,
  • Omset per bulan : Rp. 1.260.000,-
  • Pengeluaran per bulan Rp. 445.500,-
    • 12 Lembar kain flanel (aneka warna) Rp. 150.000,-
    • Benang  Sulam 10 Warna Rp. 12.500,-
    • Dakron KW 2 3Kg Rp. 60.000,-
    • Aksesoris (Gantungan kunci & HP) Rp. 80.000,-
    • Lem tembak 3 buah Rp. 3.000,-
    • Plastik pengemas 1000 buah Rp. 40.000,-
    • Biaya operasional, transportasi dan telpon Rp. 100.000,-
  • Keuntungan Rp. 1.260.000,- – Rp. 445.500,- = Rp. 815.500,-
Balik modal dalam waktu 1 bulan. Sebuah peluang bisnis yang perlu Anda perhatikan jika Anda adalah seseorang dengan modal rendah, dan ingin segera menghasilkan.
Cara pemasaran : Bisa dilakukan dengan strategi marketing dari mulut-ke-mulut , karena menekan biaya marketing yang tinggi, dan lebih efektif.
Karyawan : Untuk bisnis seperti ini diawal tidak membutuhkan karyawan yang banyak, bahkan hanya Anda bekerja sendiri bisa. Tapi seiiring dengan berkembangnya usaha Anda, penambahan karyawan mungkin bisa Anda pertimbangkan.
Demikian pembahasan hari ini tentang peluang usaha kreasi kain flanel. Mari tingkatkan kreativitas kita dalam berwirausaha dan berbisnis sehingga bisa memajukan bangsa Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan lebih luas lagi bagi teman-teman kita di luar sana.
Sesi selanjutnya ini saya search age d om google biasa haahaa : copazz abiss chingg..but jgn khawatir sumber ntr masih tercantumkan koq. Nich hasil dari kreasi sobat2 pengusaha Flanel yg sukses menghasilkan duit hihi..ngiri mode on dech jdinya....
heemm nich ada beraneka macam kue, hiasan kotak tisu, aksesoris seperti kalung, gelang, boneka, tempat koin, dompet, tas, piguran, dll
Huhuhuu kepengen jadinya menghasilkan sesuatu yang menarik seperti ini..aaaa bisa ngiler nichh...upsss nggak sopan >,<



















































Huaaaa kereeennn kereeeennn kannnnn,,masih banyak age pic yang berkaitan sama kreasi Flanel lho....kalian bisa langsung share and lansung pesan aza ke pengrajinnya langsung..Hehee....berhubung saya masih belum bisa memcoba membuatnya...nich link yang berkaitan sama Flanel :

Sumber artikel : 



0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blog Archive

Entri Populer

 
Eva Wahyudi

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger